Diberdayakan oleh Blogger.

Danau Sempu Danau Unik di Malang Berair Asin Pesonanya Bak Pulau Phi Phi Ley Thailand

Ingin berwisata manja ke danau yang indah di wilayah Jawa Timur? Danau Sempu solusinya. Untuk mencapai pulau ini, kita harus menuju ke wilayah sendang biru terlebih dahulu. Pada pulau ini terdapat danau yang bernama segara anakan. Danau ini sebenarnya bukan danau, tapi air laut yang terbendung oleh pulau. Untuk mencapai pulau ini, kita harus menyewa perahu menuju Pulau Sempu. Dan jangan harap begitu turun perahu kita akan langsung menemukan danau ini. Kita harus berjalan yaahh, kira-kira 3.5 jam. Bila kondisi cerah dan tanahnya kering, perjalanan bisa ditempuh lebih cepat sekitar 1.5 – 2 jam. Trekking yang harus dilalui untuk menuju danau ini sangat sangat sangat sulit sekali. Medannya bisa dibilang luar biasa...berlumpur, berbatu, tanjakan, menembus hutan dan sesekali harus melompati pohon tumbang yang super besar. Dan total yang dibutuhkan untuk pulang pergi adalah 3 – 7 jam tegantung kondisi tanah.

Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau.

Di pulau seluas 877 ha ini terdapat sebuah laguna cantik yang dikenal dengan sebutan Segara Anakan. Merupakan anak laut yang terbentuk dari air laut yang masuk melalui celah karang yang disebut karang bolong sehingga membentuk danau air asin yang kerap disebut laguna. Kita serasa berada di sebuah pantai pribadi yang terasing. Karena lokasinya di pulau tak berpenghuni dan jauh dari jangkauan manusia. Pasir sekitaran danaunya lembut, dengan air laut bening kehijauan dikelilingi hamparan tebing-tebing batu yang membatasinya dengan laut selatan. Perpaduan yang sepintas menyerupai Pulau Phi Phi Ley di Thailand. Jadi tak usah ke Thailand untuk menikmati pesona ala Thailand ya.


Pulau Sempu sebenarnya bukanlah tempat wisata, tetapi adalah kawasan konservasi, tepatnya cagar alam.  Akses masuk harus ada ijin dari BKSDA Jawa Timur di Probolinggo, sebagai pemegang otoritas pengelolaan.  Pulau Sempu ditetapkan sebagai Cagar Alam oleh pemerintah Belanda pada tanggal 15 Maret 1928, berdasarkan Besluit van den Gouverneur Generaal van Nederlandsch Indie No : 69 dan No.46 tanggal 15 Maret 1928 tentang Aanwijzing van het natourmonument Poelau Sempoe seluas 877 ha. Cagar alam (dan suaka margasatwa) adalah kawasan konservasi yang paling dilindungi.

Apa yang unik di Sempu? Sempu disebut danau karena pantai ini tidak menghadap laut, tetapi dikepung oleh pepohonan hutan. Sedangkan air yang ada, adalah air laut yang masuk dari karang besar yang memiliki lubang yang terdapat di dekat Pulau Sempu. Hal inilah yang membuat unik. Danau tapi berair asin. Memang unik ya?

Selamat berkunjung dan selamat berjuang menuju lokasi.
Tag : danau, jatim, malang
0 Komentar untuk "Danau Sempu Danau Unik di Malang Berair Asin Pesonanya Bak Pulau Phi Phi Ley Thailand"

Back To Top