Diberdayakan oleh Blogger.

10 Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Kalimantan Barat

10 Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Kalimantan Barat

Indonesia merupakan negara kepulauan. Di dalamnya terdapat banyak macam suku, budaya, dan ras di tiap daerahnya. Selain itu ada berbagai macam tempat wisata yang indah. Berbicara tempat wisata apakah kamu sudah tahu tempat wisata yang ada di bagian ekor Borneo yaitu Kalimantan Barat? Bagi sebagian warga di situ mungkin sudah tahu, tetapi jika Anda seorang pendatang dan ingin traveling ke Kalimantan Barat sebaiknya jangan lewatkan untuk menikmati panorama 10 tempat yang keren dan khas di Kalimantan Barat ini :

Yuk kita list daftarnya :

1. Taman Alun-Alun Kapuas


Taman Alun-alun Kapuas atau biasa orang Pontianak menyebutnya dengan Korem, ini merupakan primadona yang selalu ramai di datangi masyarakat sekitaran Kota Pontianak. Saat ini tempatnya lebih bagus dan terawat, banyak sekali pepohonan hijau yang bisa membuat hati menjadi tentram. Karena tempatnya strategis dan mudah di jangkau tempat ini sampai sekarang selalu ramai dikunjungi dan di jadikan tempat berfoto dan bersantai bersama teman, pasangan, keluarga. Jika Anda pendatang baru di Pontianak silahkan kesini alamatnya di depan kantor walikota Pontianak yakni di sekitaran Jalan Rahadi Usman. Di alun-alun kapuas ini juga terdapat sungai kapuas yang di sungainya terdapat perahu untuk dinaiki pengunjung mengobrol santai di atas perahu sambil memutari sungai kapuas.

2. Rambok Dait Ngabang 

Berada di dalam hutan Kalimantan Barat dan terletak di daerah Ngabang membuat tempat wisata yang satu ini masih jarang di kunjungi. Tetapi akhir-akhir ini tempat wisata ini menjadi tenar dan terkenal karena keindahan air terjun tujuh tingkatnya tersebut. Rombok dait merupakan salah satu Air Terjun terbaik dan terindah yang ada di Kalimantan Barat. Jadi beruntunglah kalau Anda yang tinggal di Ngabang, karena bisa menikmati keindahan air terjun ini kapan saja. Bagi pendatang yang ingin kesana silahkan menuju ke Kota Ngabang.

3. Bukit Jamur


Dulunya bengkayang merupakan bagian dari Kabupaten Sambas, setelah melakukan pemekaran saat ini bengkayang menjadi kabupaten juga. Bengkayang memiliki tempat wisata yang sungguh indah jika kita bisa kesana. Layaknya seorang yang berdiri di atas awan disana terdapat yang namanya Bukit Jamur. Dinamai seperti ini bukan karena bukitnya di tumbuhi banyak jamur tetapi karena jika kita berada di atas bukitnya kita akan disajikan pemandangan indah dari sekumpulan awan yang membentuk layaknya sebuah jamur. Jika anda seorang traveling dan ingin mencari sensasi yang luar biasa dari Kabupaten Singkawang silahkan berkunjung ke Bukit Jamur.

4. Pasir Panjang


Letaknya di kota amoy alias Singkawang. Bagi warga sekitar ini merupakan tempat yang paling asik di kunjungi ketika liburan. Semua setuju kalau yang pernah ke pasir pantai panjang tentu akan ingin kembali lagi kesini karena keindahanya yang mempesona. Disebut pasir panjang karena ini merupakan pantai terpanjang yang ada di pesisir Kalimantan Barat. Memiliki bibir pantai hingga sepanjang 3 kilometer. Pasirnya putih cantik dengan ombak yang tenang. Jika ingin ke pantai pasir panjang ini Anda dapat menempuh perjalanan selama 20 menit dari Kota Singkawang atau 3 jam lebih dari Kota Pontianak.

5. Air terjun Melanggar


Memiliki pesona air terjun yang indah dihiasi pelangi itulah Air Terjun Melanggar atau Banganar. Ini merupakan air terjun yang terjadi karena adanya sungai landak dan inilah patahannya. Letaknya di Desa Merayuh, Kecamatan Air Besar. Memilikiki tinggi sekitar 60 meter dan lebar lebih dari 60 meter membuat pesona alam ini begitu banyak diminati banyak orang karena keindahanynya yang mempesona.

6. Danau Sentarum


Tidak hanya terkenal di golongan para pecinta mancing, Danau Sentarum juga terkenal akan keindahannya yang mempesona. Danau ini terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Uniknya danau musiman ini selalu banyak dikunjungi oleh beberapa orang yang suka traveling terlebih lagi para pemancing. Danau yang dipenuhi air hanya 10 bulan setiap tahunynya ini menjadi terkenal karena banyaknya kolam-kolam kecil yang terisi oleh ikan yang beragam jenis dan bentuknya. Ini merupakan salah satu danau terluas, memiliki lebar 132.000 hektare, Anda wajib ke tempat ini dan menikmati pesona alam di tengah daerah Kalimantan Barat.

7. Pulau Simping


Siapa sangka bahwa pulau terkecil di dunia ada di Kalimantan Barat. Pulau Simping itulah namanya. Daerahnya masih di kota Singkawang. Pulai ini diakui oleh PBB. Disana kita akan mendapati kelenteng, pasir, batu, serta pepohonan yang indah. Bagi yang pernah ke tempat ini bersukurlah, dan bagi Anda yang belum ketempat ini kita sarankan agar Anda kesini dan melihat sendiri bagaimana pulau terkecil Dunia itu.

8. Pulau Lemukutan


Kalimantan Barat memiliki wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya ialah lemukutan. Letaknya di Kabupaten Bengkayang memiliki daya tarik dari alam bawah lautnya yang indah seta masyarakatnya yang welcome buat para traveling. Bagi anda yang sedang berada di Kalimantan Barat sebaiknya jangan tidak ke Pulau Lemukutan ini.

9. Pulau Randayan


Letaknya di Laut Cina Selatan dan berada dibagian timur Kalimantan. Tak kalah indah dengan lemukutan di Pulau Randayan juga kita akan disuguhkan oleh keindahan bawah laut yang masih alami. Banyak kehidupan biota laut yang unik, Terumbu karang yang indah hingga mahluk hidup lainynya yang megagumkkan. Memiliki geografis yang layak untuk anda kunjungi ketika berada di Kalimantan Barat. Letaknya cukup strategis dan aman dari serbuan ombak yang cukup besar. Bagi yang hobi menyelam Randayan meyedian karang indah yang hidup sekitar 4,50 hektar. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak ke Pulau Randayan.

10. Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka


Dari Pontianak menuju kedarah Kabupaten Melawi memerlukan waktu sekitar 8 Jam menggunakan kendaraan roda 4. Sesampainya di melawi Anda harus menempuh lagi menggunakan sepeda motor kurang lebih 4-5 jam untuk bisa tiba di taman nasional bukit raya bukit baka tersebut. Semua rasa lelah Anda akan terbayar dengan keindahan Alamnya disana. Memiliki koleksi binatang yang lengkap dan terjaga, jadi tidak ada salahnya Anda memperjuangkan itu untuk bisa sampai kesana.

sumber : https://porosbumi.com
0 Komentar untuk "10 Tempat Wisata yang Wajib Anda Kunjungi di Kalimantan Barat"

Back To Top