Diberdayakan oleh Blogger.

Baturraden Tempat Rekreasi Populer di Purwokerto Wajib Anda Kunjungi

Lokasi objek wisata Baturraden ini berlokasi di Jl. Raya Baturraden KM 12 Desa Karangmangu, Baturraden, Purwokerto 53151 Indonesia 8.5 km dari Kebun Raya Baturadenberada tepatnya di kaki Gunung Slamet, udara di Baturraden sangat sejuk. Bahkan kalau di pagi hari rasanya sangat dingin sekali. Kalau berwisata pada hari minggu biasanya jalanan macet di ruas jalan yang menuju Baturraden. Baturraden adalah keindahan yang memancar dari lereng Gunung Slamet. Lokasi wisata yang berjarak hanya sekitar 15 km dari kota Purwokerto, Jawa Tengah ini, tak hanya menyimpan panorama alam yang molek, tetapi juga cerita rakyat tentang Raden Kamandaka, atau Lutung Kasarung yang sangat populer di cerita legenda Indonesia.
Selain akses yang mudah, area wisata ini juga menyediakan hotel dan aneka penginapan yang sesuai budget anda. Bagi pecinta alam terbuka disediakan camping ground yang nyaman&aman.Jangan khawatir akan kesulitan memperoleh makanan, karena di area ini cukup banyak pedagang yang menjajakan sate kelinci. Gunung Slamet dengan lereng-lerengnya yang landai, menawarkan panorama alam yang indah, udara yang segar dan diketinggiaan 1000 m.

Ada beberapa objek wisata menarik di Baturraden Banyumas sekaligus populer bagi para wisatawan yang bisa Anda kunjungi, sebagai berikut :

1. Bioskop Unik Teater Alam Baturraden 
Teater Alam Baturraden 
Kawasan wisata yang sangat menarik di Baturraden di urutan pertama adalah Teater Alam Baturaden. Di sini, Anda bisa menikmati pengalaman menarik dengan gaya menonton yang berbeda. Hal ini dikarenakan teater yang ditawarkan di kawasan wisata ini berbentuk pesawat. Adapun bentuk pesawat ini menyerupai jenis pesawat Foxer 28 yang dimiliki maskapai penerbangan garuda Indonesia.
Pesawat ini berdiri di bagian atas tanah dengan luas berkisar 600 meter, yang mana pesawat jenis Foxer ini berlokasi di pintu masuk samping Baturaden. Namun di teater ini, Anda tak bisa menyaksikan tayangan film layar lebar layaknya bioskop di mall-mall kota besar melainkan tontonan yang menceritakan tentang kekayaan budaya dan sumber daya alam di Indonesia. Misalnya saja berupa tayangan tentang cerita budaya Taman Mini Indonesia Indah, peristiwa meletusnya Gunung Merapi, tragedi tsunami dan lain sebagainya. Sementara, durasi film yang ditayangkan di Teater Alam Baturraden ini berlangsung antara 10-15 menit saja. Jadi, sangat cocok sebagai kawasan wisata edukasi bagi anak-anak. Tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk studytour.

2. Wisata Keluarga dan Edukasi di Kaloka Widya Mandala Banyumas
Jika Anda ingin menikmati objek wisata edukasi lainnya di Baturraden , Kaloka Widya Mandala inilah tempat selanjutnya. Tempat wisata Baturaden ini merupakan sebuah kebun binatang yang menawarkan beraneka ragam spesies binatang dari luar maupun dalam negeri. Ada banyak jenis hewan yang bisa Anda temukan di kebun binatang ini, seperti ayam mutiara, kelelawar, landak, kambing kaki tiga, ayam kate, beruk, sapi kaki lima, cendrawasih, elang, orang utan, rusa, buaya, kaswari, ular, monyet, gajah dan masih banyak lagi aneka satwa yang langka di taman ini.

3. Wisata Budaya Grebeg Syura di Baturraden

Suasana Grebeg Syura
Baturraden juga menyajikan kawasan wisata budaya yang begitu menarik, yaitu Grebeg Syura. Anda bisa datang saat bulan pertama di tahun Islam untuk berkunjung ke Baturaden. Nah di moment inilah anda dapat menyaksikan acara Grebeg Syura sebagai tradisi dari masyarakat setempat. Di acara ini Anda akan menyaksikan tarian tradisional Lenger, kuda lumping, musik calung hingga aktivitas untuk mengunjungi berbagai macam situs suci.

4. Wisata Alam Wana Wisata Baturraden 
Di Wana Wisata Baturaden ini, Anda  bisa menemukan lokasi yang pas untuk perkemahan. Anda bisa mendirikan tenda di tempat wisata ini jika ingin bermalam di kawasan wisata ini. Apa yang ditawarkan di kawasan wisata ini? Wana Wisata Baturraden menyajikan pemandangan hutan alam yang masih hijau dan asri sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berkemah, baik bersama para sahabat maupun keluarga. Dari gerbang masuk kawasan wisata Baturraden ini, hanya menempuh jarak 2 km saja menuju tempat perkemahan Wana Wisata Baturraden.

5. Wisata Air Terjun Curug Gede atau Curug Bayan
Di lokawisata ini, Anda bisa menikmati keelokan air terjun yang begitu indah yakni air terjun Curug Gede. Lokasi Curug Gede ini hanya berjarak 3 km saja dari tempat wisata di Baturraden , dan terletak di desa Ketenger. Anda juga bisa menyaksikan lempengan batu yang membingkai keindahan air terjun di Purwokerto ini. 

6. Wisata Pemandian Air Panas Pancuran Pitu
Ingin mencoba pemandian air panas di kawasan Baturraden? Anda bisa berkunjung ke kawasan wisata Pancuran Pitu untuk menikmati sensasi mandi air panas dengan temperatur air sekitar 60-70 C. Selain menikmati pemandian di tempat wisata ini, anda juga bisa menyaksikan keindahan panorama alam yang ada di sekitarnya. Tak hanya itu,pasalnya dengan mandi di tempat pemandian air panas Baturraden ini maka air tersebut berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Anda bisa berkunjung ke Pancuran Telu di tempat wisata Baturraden untuk terapi penyembuhan. Pancuran pitu ini berada di bagian bukit gunung Slamet, hanya berjarak 5 km saja dari jalan pertigaan kawasan Baturaden. Anda bisa menikmati jalanan dengan tikungan tajam dan berkelok menuju Pancuran Pitu, sehingga menjadikan kawasan ini sulit didaki memakai kendaraan biasa. Perjalanan mulai dari tiket masuk yang dilalui wisatawan akan melewati panorama alam yang begitu eksotis yang masih alami.

7. Telaga Sunyi
Kawasan wisata Telaga Sunyi berada di pusat objek wisata Baturraden. Objek wisata ini menyajikan mata air jernih yang begitu sejuk karena air yang ada di Telaga Sunyi ini sangat dingin. Seperti namanya, tempat wisata Telaga Sunyi ini merupakan sungai yang hening. Suasana alam di sekitar objek wisata ini sangat alami. Oleh karenanya, tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk refreshing ataupun melepas penat karena rutinitas harian yang begitu membosankan. Dari tempat wisata Baturraden menuju objek wisata ini hanya berjarak 3 km saja ke arah timur. Anda pun cukup memakan waktu kurang lebih 15 menit saja dari kawasan wisata Baturaden. Akses perjalanan ke Telaga Sunyi sangatlah mudah sebab Anda bisa memakai kendaraan umum, maupun kendaraan pribadi. Agar sampai ke tempat ini, dari lokasi parkir kendaraan Anda mesti berjalan kaki dan melalui jalanan setapak, kemudian menyaksikan sungai kecil yang jernih sampai akhirnya tiba di Telaga Sunyi.

Selamat menikmati indahnya Baturraden.
0 Komentar untuk "Baturraden Tempat Rekreasi Populer di Purwokerto Wajib Anda Kunjungi"

Back To Top